Menuangkan Ide Lewat Tulisan

Senin, 15 September 2014

Pada saat mendapatkan liburan yang tidak begitu panjang, pernah tidak anda berpikir untuk liburan dan tidak mengganggu pekerjaan anda. Saya punya beberapa tips yang bisa anda gunakan pada saat anda ingin liburan agar tidak mengganggu pekerjaan anda :

1. Susun Rencana
Merencanakan liburan atau menyusun rencana sesuai jadwal cuti agar tidak bentrok dengan kegiatan dan juga kesibukan kantor. Ada sebuah penelitian para eksekutif mengungkapkan bahwa biasanya banyak orang mengambil cuti pada saat liburan sekolah di mulai. Pada saat itu adalah saat yang paling cocok untuk berlibur karena banyak kegiatan bisnis lebih lesu dari pada bulan lainnya.

2. Cari Pengganti
Cari pengganti atau cari rekan kerja yang mampu atau bisa menggantikan posisi anda di kantor selama cuti. Mungkin atasan anda bisa membantu untuk menentukan hal ini. Sebelum anda cuti, sebaiknya lakukan rapat ke pengganti anda untuk memberi tahu apa yang harus di lakukan di posisi anda, jadwal penyelesaiannya dan jelaskan prosedurnya dan pastikan juga pengganti anda tahu tempat penyimpanan dokumen yang diperlukan. Kemudian jangan lupa memberikan nama dan nomor telepon pengganti anda kepada klien selama anda cuti. Hal ini harus anda lakukan, karena agar klien anda tahu harus menghubungi siapa selama anda cuti atau selama anda tidak ada di kantor.

3. Sebar Informasi
Jauh-jauh hari sebelum anda liburan, sebar informasi kepada rekan-rekan dan juga klien anda kalau anda sedang cuti. Jadi mereka tahu dan punya cukup waktu untuk mempersiapkan sesuatu yang diperlukan dan tidak perlu menghubungi anda selama berlibur. Jika ada rapat yang seharusnya anda pimpin, lakukanlah sebelum atau sesudah anda melakukan cuti. Tapi jika harus dilakukan pada saat anda berlibur atau cuti, mintalah rekan anda menggantikannya.



4. Tinggalkan Teknologi
Pastikan kontak masuk e-mail tidak terlalu penuh. Karena kotak masuk yang penuh bisa menghalangi pengiriman e-mail atau surat elektronik. Biasanya setelah anda liburan akan banyak email yang masuk. Alangkah baiknya tinggalkan segala sesuatu yang berhubungan dengan perangkat komunikasi, laptop, dan dokumen kerja anda dirumah. Batasi juga keterlibatan anda dengan urusan kantor kecuali jika ada hal yang sangat penting.

Dengan anda merencanakan dan bisa mengendalikan situasi pekerjaan anda dengan baik, anda pasti bisa menikmati liburan bersama keluarga. Jadi nantinya pada saat masuk kerja anda tidak kaget dan rileks dalam berkerja.

Demikian adalah beberapa tips yang akan membantu anda berlibur tanpa mengkhawatirkan masalah pekerjaan anda. Semoga artikel ini bisa membantu anda.

0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.